BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 20 Juni 2010

Soal UTS Filsafat Barat Modern AF kelas A

Jurusan Aqidah-Filsafat Fakultas Ushuluddin Semester IV IAIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademi 2009-2010

1. Lahirnya filsafat Barat diawali dengan munculnya dua gerakan besar, yaitu Renaisans, Reformasi. Jelaskan terjadinya dua gerakan tersebut beserta tokoh-tokoh filosof yang menjadi pelopornya berikut gagasan utama masing-masing !

2. Gerakan Renaisans dan Reformasi tersebut menimbulkan kesadaran-kesadaran baru yang dinamakan dengan kesadaran zaman modern dengan karakteristik sebagai berikut Subjektif as Kritik Kemajuan. Jelaskan maksud masing-masing karakteristik tersebut dan bagaimana hubungan antara ketiganya !

3. Terdapat paling tidak tujuh meanstream pemikiran pada zaman modern, yaitu :
Rasionalisme, Empirisme, Kritisisme, Idealisme, Positivisme, Eksistensialisme, Materialisme Jelaskan tujuh meanstream pemikiran tersebut beserta tokoh-tokoh filosof yang menjadi pelopornya berikut gagasan utama masing-masing !

4. Bisa dipahami bahwa filsafat Barat modern sebagai sebuah riset terhadap problem epistemologis dan metafisik dari kesadaran subjek [the subject or subjectum]. Oleh karenanya Habermas menyebutnya sebagai filsafat Subjek dengan tiga tahap berikut : 1. Asal usul kesadaran(Descartes and Locke) 2. Perkembangan kesdaran(Hegel, Kierkegaard, Comte) 3. Kehancuran kesadaran(Schopenhauer, Nietzsche) Jelaskan masing-masing tahapan dari sejarah kesadaran subjek dalam filsafat modern tersebut !

0 komentar: